Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Objek Wisata Curug Batu Blek Tasikmalaya

Curug Batu Blek Tasikmalaya

Wisata Tasikmalaya Jawa BaratCurug Batu Blek Tasikmalaya, kalau menurut makna dari kata curug berarti air terjun dalam bahasa sunda yang secara administratif sudah masuk ke wilayah desa Santana Mekar, Kec Cisayong, Kab Tasikmalaya. Selengkapnya bisa dilihat pada peta dibawah ini :

Untuk menempuh lokasi Sobat bisa menggunakan akses dari jalan kecamatan Cisayong lurus sampai ujung jalan kecamatan serta bertemu pada perempatan jalan baru Ciawi-Singaparna. dari sini ambil jalan lurus menuju arah kampung Cipeteuy. Sesudah menyusuri jalan desa yg relatif berlubang & sempit (lebar jalan kurang lebih 2m) sehingga di kilo meter pertama ini sudah bisa melintasi jembatan dulu jalan menanjak & setelah itu ada pertigaan jalan, ambilah arah kiri. 5 kilometer setelah itu sobat harus menyusuri jalan desa sampai ujung jalan beraspal. Yang kemudian permukaan jalan semen (bukan rabat beton) disini sebaiknya memakai kendaraan roda dua serta Jalan tanah sampai tempat curug. Sedangkan kendaraan roda empat tidak bisa masuk ke jalur ini dikarenakan lebar jalan hanya 1-1,5 Meter.

Pada 3 km terakhir terdapat jalan yang semakin ekstrim pengunjung disarankan bagi anda yang kurang memiliki keahlian dalam belancing mengemudikan sepeda motor sebaiknya parkirkan motor sobat di perkampungan warga.

Setelah menyusuri perjalanan ketika sobat sudah melihat pemandangan vegetasi hutan dan ladang maka sobat telah berada di 1,5 Km yang terakhir. Yang dapat sobat semua saksikan dari deretan pohon menjulang serta didasarnya terdapat hamparan pesawahan yang subur yang mana terlihat air deras dan jernih. Yang merupakan perjalanan dengan sepeda motor sobat berakhir, parkirkanlah serta jangan lupa kunci ganda buat jaga-jaga supaya tetep aman.

Akan tetapi perjalanan belum selesai sampai disini 1,5 Km lagi harus ditempuh dengan perjuangan jalan kaki. Setelah dirasa sobat siap melanjutkan perjalanan menyusuri sebuah saluran irigasi berbentuk selokan selebar satu meter. Kondisi hutan ini masih sangat jarang dijamah dan memiliki banyak mitos mistis. Diperjalanan ini sobat jangan terkecoh dengan persimpangan-persimpangan jalan, Persimpangan jalan tersebut merupakan sebuah jalur para warga dalam merambah hutan untuk mencari kayu bakar atau hasil hutan lainnya. Tetaplah menyusuri aliran selokan berair jernih dikarenakan sumbernya dari curug batu blek.

Jika kondisi cuaca mendung sebaiknya sobat urungkan niat sobat dalam meneruskan perjalanan karena beresiko selain jalan akan licin, ancaman longsor. Selain itu diakhir perjalanan sobat akan menyusuri jalan batu sekaligus dinding selokan yang menanjak tajam yang dengan sisi jurang dalam. Jika hujan turun bukan hanya licin tapi debit air yang deras akan menutup jalan batu yang menanjak tersebut dengan kemiringan diatas 70°.

Walaupun pada kondisi cuaca yang kering serta cuaca berahabatpun biasanya kondisi jalanan tetap licin sebab akses untuk jalan menyusuri dinding selokan yang terbuat dari tembok semen itu sudah pada berlumut. disertai Semak belukar setinggi 20 cm yang banyak bisa menggangu pandangan kita pada pijakan.

Setelah melewati segala petualangan dan rasa cape dengan segala penderitaannya mungkin? maka terbayarlah sobat sampai di curug batu blek, dan nikmatilah keindahan curug yang eksklusif dan manfaatkan untuk pemotretan.

itulah sedikit ulasan tentang Curug Batu Blek Tasik malaya, semoga bermanfaat!.